Banyak perubahan yang terjadi di era digital, salah satunya penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi dan juga sosialisasi. Berbekal kuota internet dan banyaknya pilihan aplikasi yang dapat di download secara gratis membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah, praktis dan juga efisien. Penelitian yang dilakukan We Are Social yang bekerja sama dengan Hootsuite pun mengungkapkan bahwa total pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 130 juta.

Melihat penggunaan media sosial yang masif, banyak perusahaan pun mengganti teknik pemasaran konvensional dan beralih dengan menggunakan media sosial sebagai wadah pemasaran atau disebut dengan social media marketing. Proses rekrutmen dalam perusahaan pun berubah, dari yang sebelumnya melamar pekerjaan dengan mendatangi perusahaan satu persatu, dengan adanya media sosial tentunya memudahkan HR dalam proses rekrutmen. Berikut adalah 3 alasan kenapa social media marketing penting bagi HR dalam meningkatkan kualitas perusahaan

1.Employer Branding

Employer Branding sebagai alasan HR menggunakan social media marketing
Ilustrasi: cciconsulting.com

Apa itu employer branding? Singkatnya, employer branding adalah reputasi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan ntah itu baik atau pun buruk. Kedua hal ini bergantung dari bagaimana si perusahaan membangun image dan mempertahankannya. Sebagai seorang HR, sudah seharusnya memanfaatkan employer branding untuk membuat perusahaan menjadi lebih baik. Saat ini, gaji besar bukanlah satu-satunya aspek penting dalam mencari kerja. Terdapat banyak aspek yang membuat para pencari kerja tertarik dan mau bekerja di sebuah perusahaan, seperti benefit apa yang diberikan kepada karyawan, kesempatan untuk belajar dan berkembang, suasana tempat kerja yang nyaman dan fasilitas lainnya yang di dapat.

Banyak perusahaan yang menggunakan social media marketing untuk memaksimalkan employer branding, salah satunya adalah Gojek. Selain memiliki akun instagram utama yaitu @gojekindonesia , gojek juga memiliki akun instagram bernama @lifeatgojek yang dimana di akun tersebut berisikan konten-konten inspiratif dan juga perjuangannya hingga menjadi perusahaan decacorn pertama di Indonesia. Lewat Youtube nya yaitu Gojek Indonesia, terdapat konten berjudul ‘Cerita Gojek’ yang menceritakan perjuangan seorang driver dalam meraih mimpi dan dampak ekonomi yang dihasilkan selama menjadi seorang driver. Konten yang di produksi oleh gojek baik itu dalam bentuk tulisan, gambar ataupun video tersebut dibalut dengan visual yang menarik dan susunan feeds yang rapi. 

2.Menjangkau Banyak Calon Karyawan

Salah satu tugas seorang HR adalah bagaimana menemukan calon karyawan yang memenuhi kualifikasi. Bagus atau tidaknya kualitas karyawan ditentukan oleh proses rekrutmen yang berbeda-beda dari setiap perusahaan. Tentunya strategi rekrutmen untuk mendapatkan calon karyawan yang ideal semakin berkembang dari dulu hingga sekarang. Penggunaan social media marketing bagi HR dengan memposting lowongan kerja di akun instagram perusahaan maupun di akun khusus pencari kerja akan lebih banyak menjangkau calon karyawan baru.

PT Paragon Technology and Innovation menggunakan social media marketing agar HR dapat menjangkau lebih banyak calon karyawan
Foto: instagram.com/paragon.id

Begitu juga dengan PT Paragon Technology and Innovation yang dimana membagikan info lowongan kerja di postingan feeds instagram, insta story dan juga highlight. Sebuah postingan di media sosial tentunya lebih cepat menyebar luas dikarenakan pengguna dapat membagikan info tersebut kepada pengguna lainnya. Selain itu, untuk perusahaan yang memiliki followers instagram diatas 10 ribu menggunakan fitur Swipe Up pada insta story nya yang menuju sebuah laman web atau google form untuk proses administrasi calon karyawan. Lebih mudah dan praktis kan?

3.Meningkatkan Traffic Perusahaan

Pentingnya Social Media Maketing bagi HR untuk meningkatkan traffic perusahaan
Foto: nataconnexindo.com

Media sosial merupakan strategi dua arah. Penggunaan social media marketing yang optimal akan menghasilkan interaksi dua arah yang konsisten sehingga dapat menaikkan traffic sebuah perusahaan. Dengan berinteraksi langsung dengan followers di media sosial, seperti memaksimalkan fitur Questions, Polling atau Quiz pada insta story dapat mengetahui kebutuhan atau feedback dari audiences. Traffic merupakan hal yang paling penting untuk menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis berjalan. Kita dapat mengukur traffic dilihat dari seberapa banyak orang yang berkunjung ke laman website atau sosial media, memfollow akun media sosial, sampai membeli sebuah produk. 

Membuat orang lain tertarik untuk tahu mengenai suatu perusahaan adalah dengan mengoptimalisasikan social media marketing dengan membangun employer branding yang baik dan juga aktif berinteraksi dengan audiences. Dengan memposting lamaran kerja di media sosial dan menjangkau banyak calon karyawan baru tentunya akan mendatangkan traffic pada perusahaan. Para calon karyawan akan mencoba mencari tahu profil perusahaan dengan berkunjung ke akun media sosial ataupun laman website. 

Tinggalkan Balasan

Be Our Hiring Partner

Digi Training selalu dihadiri oleh individu-individu berbakat dengan kualitas dan semangat berkarya. Jadi Hiring Partner kami dan bantu perusahaan untuk menemukan kandidat terbaik. Temukan kandidat terbaikmu di Digi Training.