Meningkatkan moral karyawan bisa dilakukan dengan banyak cara. Memberikan bonus adalah salah satunya. Tak hanya itu, sistem reward juga bisa memancing timbulnya kerja sama tim dan persaingan sehat di lingkungan kerja. 

Lantas apa saja jenis insentif yang ampuh membuat karyawan kian bersemangat? Mari simak ulasannya satu-persatu.

Insentif Kinerja

Bonus berdasarkan kinerja sangat umum diberikan di hampir semua perusahaan. Dengan memberikan penghargaan terhadap kinerja, karyawan akan jadi kian bersemangat untuk meningkatkan sales maupun produksi. Hal ini bisa jadi motivasi efektif bagi karyawan untuk bekerja lebih keras. 

Insentif semacam ini juga penting untuk menunjukkan pada seluruh staf, bahwa perusahaan sangat menghargai kinerja di atas rata-rata. Namun penting juga memastikan adanya kesempatan bagi semua orang untuk berkembang. Jangan sampai reward terlalu sering didapatkan oleh orang yang sama. 

Reward untuk Tim

Bonus berdasarkan performa tim akan memancing kerja sama yang baik. Kolaborasi antar karyawan menjadi semakin inovatif. Hal ini juga akan meningkatkan moral tim secara keseluruhan. 

Karyawan bakal merasa semakin antusias ketika bekerja sama dengan rekannya. Kedekatan akan bisa dibangun dalam waktu relatif singkat. Akan lebih baik jika tim dibentuk dengan orang-orang dari departemen berbeda atau yang tidak pernah saling bekerja sama sebelumnya. 

Peer Choice

Reward ini diberikan berdasarkan pilihan dari sesama rekan kerja. Dengan demikian, pegawai bisa ikut memberikan apresiasi atas kinerja bagus yang ditunjukkan kolega mereka. Hal ini juga akan bagus untuk membuat tim menjadi semakin solid dan mengenal satu sama lain. 

Departemen HR bisa mengadakan voting untuk memilih Pegawai Terbaik Bulan Ini. Berikan sorotan khusus pada karyawan yang menunjukkan kinerja di atas rata-rata. 

Penghargaan Unik

Bonus atau insentif tidak melulu soal uang. Penghargaan dalam bentuk yang lebih unik juga bagus untuk meningkatkan moral karyawan. Staf HR harus coba berpikir kreatif mengenai kebutuhan karyawan, sebelum mencoba membuat reward semacam ini. 

Beberapa hal yang bisa dicoba antara lain casual days, di mana karyawan diperbolehkan berpakaian lebih santai. Memberikan bonus berupa jatah cuti ekstra atau makan siang spesial juga tidak kalah menarik. 

Reward Dadakan

Cara lain yang tidak kalah menarik adalah memberikan reward secara dadakan. Dengan demikian, Departemen HR bisa langsung menunjukkan apresiasi pada pegawai yang menunjukkan performa sangat baik. Sebaliknya, pegawai juga bakal semakin semangat bekerja dan membuat lingkungan kerja menjadi lebih menyenangkan. 

Siapkan hadiah kecil seperti voucher belanja atau semacamnya. Berikan kejutan sederhana seperti segelas kopi, untuk karyawan yang sudah bekerja dengan luar biasa. 

Tinggalkan Balasan

Be Our Hiring Partner

Digi Training selalu dihadiri oleh individu-individu berbakat dengan kualitas dan semangat berkarya. Jadi Hiring Partner kami dan bantu perusahaan untuk menemukan kandidat terbaik. Temukan kandidat terbaikmu di Digi Training.