Karyawan pekerja keras dan berbakat merupakan aset penting sebuah perusahaan. Realitanya, mudah sekali bagi perusahaan mapan untuk bisa menjangkau dan mendapatkan karyawan yang berbakat. Namun, lain halnya dengan perusahaan kecil yang seringkali kesulitan untuk memenuhi kebutuhan staf mereka dengan cara yang terjangkau. Jika Anda menjalankan perusahaan yang lebih kecil dengan sumber daya yang lebih sedikit, mungkin diperlukan lebih banyak cara-cara kreatif tentang perekrutan sehingga Anda dapat menemukan karyawan berbakat yang tentunya tidak akan terlalu membebani perusahaan.

Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam merekrut karyawan berkualitas dengan budget yang terbatas :

Pertimbangkan Jenis Kontrak Kerja Yang Anda Tawarkan

Merekrut karyawan penuh waktu bukan cara yang paling murah. Saat ini, banyak perusaaan yang mencari karyawan lepas (freelancer). Karyawan lepas dipandang lebih terjangkau untuk dipekerjakan, karena dengan mempekerjakan mereka artinya Anda tidak perlu pusing dengan pengeluaran tambahan seperti asuransi atau tunjangan kesehatan. Singkatnya karyawan lepas dapat mengurangi biaya administrasi perusahaan.

Minimalisir Anggaran Rekrutmen

Biaya yang dikeluarkan dalam merekrut karyawan baru tidak hanya tentang berapa budget yang dimiliki untuk membayar upah saja, namun juga berapa biaya yang digunakan dalam rangkaian proses rekrutmen yang dijalankan. Apakah menggunakan jasa agen periklanan dibutuhkan? Apakah dibutuhkan jasa perekrut professional dari luar?

Berikan Karyawan Kesempatan Untuk Belajar

Proses belajar dan memperbaiki diri adalah hal yang penting dalam hal manajemen karyawan. Berikan pelatihan gratis sebagai suatu kesempatan yang dapat Anda tawarkan kepada calon karyawan tentang keterampilan yang bermanfaat. Ketika Anda menemukan calon karyawan yang sangat menghargai dan antusias dalam proses mempelajari hal baru, maka Anda menemukan orang yang tepat. Terlebih jika perusahaan Anda masih dalam tahap berkembang.

Tawarkan Keuntungan Yang Unik dan Menarik

Meskipun Anda hanya memberikan budget terbatas untuk upah kerja, tawarkan hal-hal bermanfaat lainnya kepada calon karyawan anda seperti fasilitas kerja, asuransi kesehatan, atau komisi diluar gaji pokok yang mereka peroleh. Dengan begitu anda akan lebih mudah menemukan calon yang berkualifikasi dan bersedia bekerja dengan upah yang tidak banyak.

Tinggalkan Balasan

Be Our Hiring Partner

Digi Training selalu dihadiri oleh individu-individu berbakat dengan kualitas dan semangat berkarya. Jadi Hiring Partner kami dan bantu perusahaan untuk menemukan kandidat terbaik. Temukan kandidat terbaikmu di Digi Training.