Tempat kerja menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan mental karyawan, apalagi dengan banyaknya karakter dan sifat yang berbeda dan banyak ditemui di kantor. Untuk mengontrol hal ini tentu dibutuhkan peran dari Human Resource dengan cara yang baik dan tepat supaya para karyawan tidak susah jika ingin menyampaikan sesuatu, karena ciri tempat kerja yang baik adalah jika perusahaannya memiliki program untuk kesehatan mental para karyawannya.

Lalu, jika suatu perusahaan belum menjalani hal diatas, bagaimana saran untuk memulai hal ini? Dalam DigiHR E-Meetup yang dilaksanakan pada 27 Agustus 2020 lalu, kami berkesempatan untuk ngobrol dengan Hasan Askari (Founder and CEO Ace Human Resource)

Hasan Askari adalah seorang HR Consultant dan sekaligus Mental Health Counselor yang selalu termotivasi untuk membantu sesama. Sebagai HR Director di Omah Jaman Now, Hasan berhasil menciptakan HR Development System dan menjaga produktivitas yang tinggi bagi para karyawan.

Saat ini Hasan merupakan Founder dan CEO Ace Human Resource dimana ia membangun budaya bekerja yang profuktif dan menyenangkan dan berhasil dengan baik untuk menaja turnover karyawan dan menciptakan budaya bekerja yang baik bagi semua pihak.

Dalam HR Meetup kemarin, Hasan menyampaikan bahwa jika ada karyawan yang mengalami perubahan bisa jadi karyawan tersebut mengalami masalah.

Bagaimana cara mengetahui ciri – ciri karyawan yang mengalami masalah?
1. Energi yang rendah

2. Kesusahan berkonsentrasi

3. Mulai kehilangan minat terhadap hal hal yang dulu nya dia sukai

4.Perubahan pola perilaku yang tiba tiba

5. Menyampaikan hal yang ambigu bahwa kehidupan atau pekerjaan dia tidak penting

Bagaimana strategi untuk menghadapi hal hal diatas?

  1. Langsung approach mereka, datangi mereka, bukan menyuruh mereka datang ke kita. Sampaikan bahwa kita merasa ada perubahan perilaku dari diri dia, tawarkan pertolongan dan support dia
  2. Mengecek sudah seberapa parah gangguan yang sedang mereka hadapi, kalau sudah over kamu bisa tawarkan program khusus untuk dirujuk ke psikolog atau psikiater yang biaya nya ditanggung oleh perusahaan
  1. Jika karyawan tersebut tidak mau terbuka, kita bisa meminta bantuan dari orang terdekatnya untuk menanyakan hal hal tersebut

Ada baiknya pihak manajemen mulai memperhatikan hal ini dan harus mulai memperdulikan kesehatan mental para karyawan. Karena masalah kesehatan mental karyawan tentu akan mempengaruhi produktivitasnya. Hal ini juga berguna untuk menjaga aset perusahaan

Membantu karyawan mengatasi stres, atau memberikannya izin cuti, tentu tidak seberapa dibandingkan harus mencari karyawan baru, dan menghabiskan waktu untuk mengajarinya dari awal.

Tinggalkan Balasan

Be Our Hiring Partner

Digi Training selalu dihadiri oleh individu-individu berbakat dengan kualitas dan semangat berkarya. Jadi Hiring Partner kami dan bantu perusahaan untuk menemukan kandidat terbaik. Temukan kandidat terbaikmu di Digi Training.